Fruliandona

“Asam Urat” itu

Jakarta, 8 Maret 2019

sumber : journal.sociolla.com

Kejadian, Moment, atau Penyakit yang kita alami saat ini adalah akumulasi dari apa yang kita makan, apa yang kita lakukan, apa yang kita pikirkan dan apa yang kita kerjakan pada masa lampau, ini terjadi pada diriku yang saat ini berumur 32 tahun mengidap Asam Urat.

Asam Urat itu bukan sebuah penyakit yang begitu kita mengidapnya bisa langsung mematikan, namun disaat kumat aduh rasanya sakit luar biasa saya menyadari mengidap Asam Urat itu pada tahun 2016 pertama kalinya bingung kok bisa jempol kaki bagian luar sebelah kiri bengkak dan sakitnya luar biasa diawal saya berpikir ini keseleo.

Tanpa ada pengetahuan yang jelas saya pergi ke tukang urut yang benar-benar ahli dalam bidang persyarafan, ini sangat luar biasa sakitnya alih-alih ingin sembuh malah semakin bengkak bahkan situkang urut menyuruh saya untuk di kerok dalam hati “apa kaitannya nya kaki bengkak sama dikerok” dan saya pun menolak karena akal sehat saya mengatakan gak ada korelasinya.

sumber: pramitra.com

Setelah dipijit saya pun pulang dan keesokan harinya saya pergi kedokter untuk memeriksa apa sih yang terjadi dalam tubuh saya ini waktu itu saya masih ingat sekali nama dokternya karena perempuan dan cantik banget namanya dokter Siska, saya pun berkeluh kesah menceritakan kronologisnya kepada beliau dengan senyum nya yang manis dia mengatakan “oohh mas nya kena asam urat ini” dan dokter siska langsung menuliskan resep beserta pantangan-pantangan makanan nya.

Setelah divonis saya mengidap asam urat saya pun langsung mengerjakan apa saja yang menjadi pantangan untuk saya makan.

Makanan yang harus dihindari penderita asam urat

  • Jeroan, termasuk hati, ginjal, jantung, limpa, otak, babat, usus, dan paru
  • Kaldu daging
  • Sosis atau produk daging lainnya
  • Bebek
  • Burung
  • Ikan sarden dan ikan makerel
  • Makanan laut lainnya, seperti kerang, udang, dan kepiting
  • Ragi
  • Minuman yang mengandung soda
  • Alkohol

Makanan yang harus dibatasi penderita asam urat

  • Daging dan ayam yang harus dibatasi hanya 50 gram/hari
  • Ikan, seperti ikan tongkol, ikan tenggiri, ikan bawal, ikan bandeng dibatasi hanya 50 gram/hari
  • Kacang-kacangan, seperti kacang hijau, kacang tanah, dan kacang kedelai dibatasi hanya 25 gram/hari
  • Produk kacang kedelai, seperti tahu dan tempe juga dibatasi hanya 25 gram/hari
  • Beberapa jenis sayuran, seperti bayam, kangkung, asparagus, buncis, daun dan biji melinjo, kapri, kacang polong, dan kembang kol paling banyak hanya 100 gram/hari
  • Jamur juga dibatasi hanya 100 gram/hari

Makanan diatas harus benar-benar saya hindari dan itu berlaku untuk semua penderita asam urat karena makanan diatas mengandung tinggi purin, kadar purin dalam 100 gram makanan diatas berkisar antara 150-800 mg. Jumlah yang cukup tinggi, bukan? Bayangkan jika tubuh kita dipaksa untuk memecah purin sebanyak ini, berapa jumlah asam urat yang akan dihasilkannya dan akan menumpuk di persendian kita. Wowww Serem.

Untuk obat asam urat yang bisa kita beli di apotek-apotek terdekat bisa klik link ini : https://hellosehat.com/hidup-sehat/obat-asam-urat-yang-ada-di-apotek/

Selain dari pada itu saya pun menjaga pola makan, ini pola makan yang biasa saya lakukan pagi saya bangun jam 6 pagi minum air putih sebanyak 3 gelas kira-kira ukuran 300 ml setelah itu saya akan memasukkan karbohidrat di jam 9 pagi biasanya roti satu slice, setelah itu saya makan siang di jam 12 – jam 1 tapi nasi hanya sedikit dan nasi nya pun merah saya memakan lauk biasanya kalo gak dada ayam ikan laut yang disteam, pada sore hari jam 3 biasanya saya makan buah-buahan (banyak lebih bagus), dan terakhir asupan makanan itu sore jam 5 tetap nasi merah sedikit dan biasanya saya hanya makan sama telur dan sayur.

Setelah pola makan, perbanyak olahraga biasanya saya olah raga sore hari di tempat gym setiap pulang kantor paling minimal 1 jam dan minimal ke gym 2 kali dalam 1 minggu.

Perbanyak minum air putih merupakan salah satu yang penting juga untuk mengontrol asam urat dalam tubuh, asalkan hal terebut diatas kita jalankan saya yakin Asam Urat tidak akan kambuh lagi terutama perbanyak olahraga. Semoga tulisan saya kali ini dapat bermanfaat

Sumber : www.hellosehat.com

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
WhatsApp chat